Wednesday 6 March 2019

Monetisasi Youtube dinonaktifkan, Begini Cara Saya Mengaktifkannya Kembali

Halo sahabat, kembali lagi di tulisan saya yang semoga dapat memberikan manfaat buat kalian semua. Pada tulisan kali ini saya akan membahas kembali tentang Youtube, dan sedikit menyinggung masalah Monetisasi Youtube.

Jadi sebenarnya ini bukan lebih ke tutorial, tapi sedikit lebih ke pengalaman saya, tentang bagaimana saya dapat mengaktifkan kembali Monetisasi Youtube yang sebelumnya Monetisasinya di disable/dinonaktifkan oleh pihak Youtube. Siapa tahu dengan tulisan ini dapat sedikit memberi pencerahan untuk sahabat yang sedang mengawali menggeluti dunia per Youtube-an, yang sedang mengalami sedikit masalah seperti yang saya alami beberapa waktu lalu.

Oke langsung saja, awal cerita mengapa akun Youtube saya di disable/dinonaktifkan oleh pihak Youtube. Oke saya akan cerita, jadi dulu saya pernah mempunyai sebuah akun Youtube sekitar pertengahan tahun 2016 dan sudah dikaitkan dengan Google Adsense. Namun pada waktu itu akun Youtube saya terkena Banned oleh Youtube sehingga akun tersebut sudah tidak dapat saya gunakan kembali.

Di awal tahun 2017 saya membuat akun Blogger dan tentu dengan akun Google Adsense nya, lalu di akhir 2017 saya membuat akun Youtube dengan email ini, dan sampai saat inilah akun ini yang saya gunakan. Namun beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan masalah, saat saya akan mencoba untuk mengupgrade/mengaitkan akun Adsense dengan Blog saya. Saat mencoba untuk dikaitkan selalu gagal, entah mengapa. Lalu saya mendapat sebuah Email dari AdSense, bahwa saya telah memiliki dua akun Adsense, isi Email nya seperti ini.

Disini saya sangat panik, keluar keringat dingin mendapatkan Email yang bisa dibilang Email kabar buruk ini. Tanpa basa-basi, saya langsung mengecek akun Youtube saya, betapa kagetnya saya melihat video-video saya yang biasanya trrlihat simbol dollar hijau tapi ini tertera simbol dollar hitam yang di palang. Lalu saya cek di menu Channel, dan ternyata status Monetisasi dinonaktifkan. Dari sini saya mengetahui mungkin karena akun Adsense yang saya miliki terdeteksi 2 akun satu pemilik.

Setelah berjam-jam mencari solusi, akhirnya saya mendapatkan sebuah solusi setelah merujuk kepada Email yang saya terima dari AdSense.

Saya coba untuk menutup/Cancel/batalkan akun Adsense saya yang terdahulu. Lalu setelah 2 hari tanpa kepastian dan Monetisasi masih dalam keadaan dinonaktifkan, saya iseng-iseng membuka akun Youtube saya, dan betapa kaget dan gembiranya akhirnya status Monetisasi sudah aktif kembali.

Jadi kesimpulannya, selalu patuhi aturan-aturan dari pihak Google, karena memang aturan itu sendiri dibuat untuk kepentingan bersama. Dari kasus saya ini, patuhi aturan bahwa satu orang hanya diperkenankan memiliki satu akun Adsense. Dan bagi sahabat yang sedang mengalami masalah seperti yang sudah saya ceritakan, boleh dipraktekan. Srmiga tulisan ini bisa betmanfaat buat kalian semua, terimakasih.


EmoticonEmoticon