Monday 4 March 2019

Cara Mengetahui Penghasilan Youtuber (no Socialblade)

Halo sahabat, balik lagi di tulisan saya ini yang semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.

Kalian pasti penasaran kan, dengan penghasilan seorang Youtuber? Memang, Youtube sekarang lagi nge hits banget di era milenial ini. Terlebih rupiah yang dapat diraih cukup menjanjikan dari "hanya sekedar" upload video. Nah, disini saya akan membagikan cara mengetahui penghasilan seorang Youtuber.

Jika kalian berfikir saya akan menggunakan cara membuka sebuah website (Socialblade) maka kalian salah besar. Karena disini saya akan membagikan cara mengetahui penghasilan seorang Youtuber dari pengalaman saya sendiri selama ini bermain Youtube. Memang tidak ada hitungan pasti seberapa besar penghasilan seorang Youtuber, karena itu tergantung dari iklan yang tayang pada video channel Youtuber itu sendiri, dan jika kalian ingin tahu pasti ya buka saja Analytic Dasbor Youtube orang tersebut, dan saya rasa itu sangat tidak mungkin.

Oke langsung saja, jika kalian ingin mengetahui seberapa besar pendapatan seseorang dari Youtube, cukup kalikan 4,5 jumlah penayangan channel tersebut. Jadi gini, kalian tentukan dulu siapa atau channel Youtube apa yang ingin kalian ketahui seberapa besar penghasilannya. Misalkan contohnya channel saya sendiri, SAGALA KOMPLIT, klik ke tab TENTANG dan lihat total jumlah tayangnya, disitu terlihat jumlah tayang 2.238.960 (dua juta dua ratus tiga puluh delapan ribu sembilan ratus enam puluh) penayangan.



 Nah, jumlah tayang itu tinggal kalian kalikan saja dengan 4,5 dan hasilnya adalah 10.075.320 (sepuluh juta tujuh puluh lima ribu tiga ratus dua puluh). Dan ternyata memang benar, di Analytic Dasbor Youtube aku, total pendapatan channel aku dari total penayangan segitu adalah kurang lebih 10,5jt. Nah loh, kok beda sih dengan itungan tadi? Saya sudah katakan, tidak ada itungan pasti ataupun cara pasti untuk mengetahui penghasilan Youtuber dari channel Youtubenya. Sebab cara yang saya bagikan inipun hanya sebatas menerka saja, walaupun menerka tapi setidaknya mendekati dengan kenyataannya.

Karena yang dijadikan contoh ini adalah channel saya sendiri, yang boleh dibilang sih masih channel kecil. Maka, cara ini cukup efektif untuk mengetahui atau menerka-nerka penghasilan seorang Youtuber. Namun bila cara ini kalian terapkan untuk mengetahui penghasilan sebuah Channel Youtube yang "BESAR", saya rasa cara ini kurang efektif. Apalagi channel tersebut memiliki video-video yang duradinya panjang-panjang, maka tentu akan berkali-kali lipat penghasilannya.

Nah itu sahabat, sedikit tips atau cara buat kalian yang ingin mengetahui penghasilan seorang Youtuber dengan cara yang cukup mudah. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih.


EmoticonEmoticon