Saturday 7 January 2017

Cara Menghapus Widget Yang Tidak Bisa Dihapus

Tags

Bagi para pemula atau seorang newbie dalam dunia blogging biasanya merasa bingung bila mendapati template dengan beberapa widget yang tidak bisa dihapus. Apalagi widget yang memang bawaan dari blogger. Template default dari bawaan blogger memang terdapat beberapa widget yang tidak bisa dihapus.

Seperti contoh gambar dibawah, widget "Total Pageviews" tidak bisa dihapus atau tidak ada tombol hapus seperti gambar dibawah pada lingkaran merah no. 3.



Bila anda membaca artikel ini, tentu keputusan yang sangat tepat. Karena artikel ini akan membahas secara singkat padat berisi mengenai

cara menghapus widget yang tidak bisa dihapus.


Baca juga:
Berikut cara yang sangat sederhana dan dapat anda lakukan walaupun anda seorang newbie dalam dunia blogging. Pertama, tentunya anda harus masuk dashboard blogger lalu masuk ke Template dan Edit HTML (lihat gambar dibawah)


Bila sudah masuk mode edit HTML, anda tinggal mencari judul widgetnya. Misalkan disini saya contohkan widget "Total Pageviews" maka anda tinggal cari judul widgetnya, agar mudah gunakan Ctrl+F. Bila sudah ketemu, akan seperti gambar dibawah.


Untuk memunculkan tombol hapus pada widgetnya, yang didalam kolom merah yaitu widget "Total Pageviews" anda tinggal ganti saja locked='true' maka anda hanya tinggal mengganti dengan locked='false' lalu simpan perubahan. 

Setelah tersimpan perubahan silakan sekarang anda cek widgetnya apakah sudah ada tombol hapusnya atau tidak di menu edit tata letak, terus klik edit widgetnya. Maka jika berhasil akan seperti gambar dibawah. Tombol hapus widgetnya sudah muncul.


Ikuti terus update artikel terbaru dari saya, sekian dan terimakasih.

2 comments

terima kasih atas ilmunya mbak Irma A, bermanfaat bagi pengguna blog baru.

Sama2 mas..
Syukur alhamdulillah kalo bermanfaat mas...


EmoticonEmoticon