Wednesday 28 December 2016

Langkah Sederhana Atasi Keyboard Laptop Yang Error

Tags


Keyboard merupakan komponen penting yang dimiliki laptop maupun PC.  Pasalnya,  90% kita tak bisa melakukan apapun tanpa adanya keyboard ini.

Akan jadi masalah apabila keyboard mengalami error,  taktis kita tak bisa melakukan aktifitas apapun dengan laptop kesayangan kita.  Keyboard error dapat disebabkan oleh beberapa faktor tertentu.  Namun bukan faktor penyebab keyboard error yang akan kita bahas kali ini.  Yang akan kita bahas kali ini yaitu, cara sederhana atasi keyboard laptop yang error.

Baca juga:


Keyboard error biasanya berupa tombol yang tidak bisa di pencet,  ataupun saat kita menekan huruf 'Q'  tapi yang muncul malah huruf 'E'.
Berikut langkah sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Bersihkan permukaan laptop dari debu yang menempel. Debu dapat menyebabkan terjadinya error.  Pengalaman pribadi,  debu-debu tersebut masuk kedalam celah tombol-tombol keyboard.  Ini yang menyebabkan karet tuts (tepat dibawah tombol) menjadi kotor,  sehingga menghambat fungsi karet tersebut. Ini cara yang paling sederhana sekali untuk mengatasi error ini.

2. Coba dengan metode restore system.  Mungkin anda tidak sengaja mengubah-ubah pengaturan laptop anda,  ataupun anda menginstal aplikasi baru pada laptop anda. Bila anda merasa menginstal aplikasi baru, lalu setelah itu terjadi error maka cobalah dengan cara restore system.  Dengan cara,  pergi ke control panel => system and security=> backup your computer.
Setelah itu klik "Recover system setting or your computer"  >>" Open System Restore" lalu anda tinggal ikiti saja perintah-perintah selanjutnya, ini sangat mudah.

3. Langkah terakhir adalah,  bawa laptop anda ke tukang service komputer.  Ini adalah langkah terakhir apabila kedua cara sederhana diatas tidak berpengaruh.  Biaya service biasanya berkisar antara 300-400rb. Karena walaupun keyboard anda hanya satu tombol yang error saja,  tetap kalau di servise ditukang service harus diganti semua.  Bila dirasa terlalu mahal maka ada alternatif lain untuk menggantikan keyboard yang error tersebut.  Yaitu menggunakan virtual keyboard (aplikasi)  bawaan yang ada pada setiap microsoft windows.

Terus ikuti update artikel terbaru dari saya,  sekian dan terimakasih.

3 comments

Tips ini hanya berlaku bagi yang punya laptop :D

Ya iya donk mas... Mau diterapin gmna tips nya kalo gaada laptop nya :)

lagi muter" internet eh nemu artikel ini..bisa coba praktekin nih..kebetulan temen saya lagi eror keyboardnya..makasih infonya

salam hangat dari
solusi android


EmoticonEmoticon